Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus di Pondok Pesantren Bukit Hidayah Malino

Penulis

  • Ahmad Fauzi Yusri - Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Ardillah Rahman Institut Parahikma Indonesia
  • Husnussaadah Husnussaadah Institut Parahikma Indonesia

Kata Kunci:

Persepsi Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang tujuan: (1) mengetahui persepsi guru terkait pelaksanaan pembelajaran daring selama panndemi covid-19 di Pesantren Bukit Hidayah Malino, (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran daring di Pesantren Bukit Hidayah Malino. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen analisis, adapun instrument penelitian yakni, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yakni kondensasi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 berdasarkan teori CoI, dari segi aspek kehadiran sosial masih sangat minim, kemudian aspek kehadiran kognitif sudah lumayan, dan aspek kehadiran pengajaran juga sudah memadai. (2) Faktor penghambat dan pendukung guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu terkait akses jaringan internet yang kurang stabil pada dataran tinggi dan kurang mahirnya guru menggunakan tekhnologi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-23