Penerapan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Bidang Studi PAI di MAN Malakaji Kabupaten Gowa
Kata Kunci:
Moderasi Beragama, Pelajaran PAIAbstrak
Tulisan ini bertujuan menguatkan argumentasi penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran bidang studi PAI di MAN Malakaji Kabupaten Gowa sebagai salah satu upaya penanggulangan radikalisme bernuansa agama yang marak terjadi di kalangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan fenomena empirik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama Arah kebijakan kementerian Agama Kabupaten Gowa: (1) untuk membangun kerukunan (toleransi) di antara kelompok yang berbeda, baik di luar Islam maupun di dalam Islam itu sendiri; (2) menolak ujaran kebencian (hoax) baik di dalam dan luar madrasah; dan (3) mengajarkan moderasi beragama. Kedua Nilai-nilai moderasi beragama dalam kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) antara lain: (1) bersikap toleran, musyawarah, dan cinta tanah air. Ketiga melalui integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum PAI secara spesifik diorientasikan pada pada etika menggunakan media sosial, kesepakatan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta kepada sesama, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati. Juga menekankan pada aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, mewujudkan harmonisasi kehidupan umat beragama melalui pendidikan wawasan kebangsaan, dan menanamkan nilai Pancasila dalam membangun toleransi dan persaudaraan antar sesama anak bangsa.