Problematika Pendidikan Agama Islam di Pesantren
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Pesantren, Masalah Pendidikan AgamaAbstrak
Artikel ini membahas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam pendidikan agama di pesantren. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang ideal karena menyelaraskan antara pertumbuhan fisik dan mental, jasmani dan rohani, pengembangan individu dan masyarakat, serta kebahagiaan dunia dan akhirat. Sejarah pendidikan Islam dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW, dengan adanya lembaga pendidikan yang disebut kutt?b atau maktab, yang kemudian berkembang menjadi pondok pesantren.Artikel ini mengkaji beberapa teori terkait perkembangan peserta didik, yaitu teori empirisme naturalisme, nativisme, dan konvergensi. Selain itu, artikel ini juga membahas perspektif pendidikan Islam mengenai peserta didik. Adapun masalah-masalah yang diidentifikasi dalam pendidikan agama di pesantren antara lain terkait dengan kurikulum, metode pembelajaran, sumber daya pengajar, serta peran pesantren dalam menghadapi perkembangan zaman.A rtikel ini menyimpulkan bahwa untuk mengatasi masalah-masalah dalam pendidikan agama di pesantren, diperlukan upaya-upaya perbaikan dan inovasi, baik dari segi kurikulum, metode pembelajaran, maupun kualitas sumber daya pengajar. Selain itu, pesantren juga perlu memperkuat perannya dalam menghadapi tantangan zaman, sehingga dapat terus memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan pendidikan Islam di Indonesia.