Inovasi Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Religius Siswa di SMA Muhammadiyah UNISMUH Makassar
Kata Kunci:
Inovasi, Pembelajaran AIK Religius SiswaAbstrak
Mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjadi ciri khas untuk membangun inovasi pembelajaran berbasis agama bagi siswa di SMA Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis agama pada siswa di SMA Muhammadiyah UNISMU Makassar. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, dengan pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis agama pada siswa di SMA Muhammadiyah UNISMU Makassar meliputi penerapan sholat 5 waktu, tahsin al quran, bakti sosial dan enam jenis inovasi pembelajaran lainnya yaitu inovasi konten pembelajaran , inovasi metode pembelajaran, inovasi media pembelajaran, inovasi manajemen pembelajaran, inovasi peran guru, dan inovasi strategi pembelajaran. Inovasi konten pembelajaran antara lain mengemas materi melalui resume dan powerpoint. Inovasi metode pembelajaran meliputi metode kelompok dan permainan. Inovasi media pembelajaran antara lain penggunaan video interaktif dan Power Point. Inovasi pengelolaan pembelajaran meliputi pemanfaatan fasilitas sekolah dan penempatan tempat duduk. Inovasi strategis meliputi pemberian apresiasi dan sanksi. Inovasi peran guru meliputi peningkatan kualitas guru melalui pelatihan dan sharing dengan sesama guru. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya inovasi pembelajaran berbasis agama pada berbagai komponen pembelajaran al-Islam dan Muhammadiyah agar dapat berjalan efektif.
