Pengaruh Layanan Sewa Jasa Online dan Tarif Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. Gojek Indonesia Branch Makassar

Penulis

  • Yuliana Sapitri
  • Hartas Hasbi IAIN Bone

Kata Kunci:

Jasa Online, Gojek, Harga, Kepuasaan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh layanan sewa jasa online terhadap kepuasan pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh tarif harga terhadap kepuasan pelanggan gojek (3) untuk mengetahui pengaruh layanan sewa jasa online dan tarif harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah seluruh pengguna aplikasi gojek dengan sampel sebanyak 60 responden, menggunakan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dengan pengumpulan data melalui observasi dalam bentuk kuesioner serta menggunakan teknik analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan sewa jasa online berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan nilai t hitung sebesar 2,783, nilai signifikansi 0,007 < 0,05 serta tarif harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,146, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan secara simultan kedua variabel tersebut  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 50,8%.

Referensi

Ahmad, M. (2016), Skripsi “Tingkat Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”, Makassar : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Alif Zaim, N. (2014), “ Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Laba Melalui Variabel Intervening Pembiayaan Bermasalah Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2009-2013”, Universitas Airlangga: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Al-quran dan Terjemahannya (djdwialova.blogspot.com, diakses tanggan 8 juli 2019)

Arifin M. S. (2012), Skripsi “ Efektifitas Pelayanan Publik di Kecematan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang”, Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Arikunto, S. (2006), Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek (Jakarta : PT. Renika Cipta).

Asmaranet.Wordpress.com/2016/05/04/178/( Diakses 13 Maret 2019).

Departemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III ( Cet.II; Jakarta : Gramedia Pustaka Utama).

Dwialova, (2014)” Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan konsumen”, di sadur melalui URL,(djdwialova.blogspot.com/2011/05/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html), (diakses 13 Maret 2019).

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hayat. (2017), Manajemen Pelayanan Publik ( Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada).

Https;//beritanet.co.id, tahun 2018 (Diakses 11 Maret 2019).

Husein, U. (2005), Study Kelayakan Bisnis, ( Cet, lll ; Jakarta; Gramedia Pustaka Utama).

Koko F. S. (2019), Skripsi“Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pengguna GrabCar Pada Masyarakat Kota Medan”, (Medan : Manajemen Fakultas Ekonom Universitas HKBP Nommensen),(Repository.uhn.ac.id/handle/123456789/22807showfull).

Lembaga ASEAN Secretary. (2016), “Pengangguran Indonesia tertinggi ke-3 di Asia Tenggara”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2016/ 11 /23 / pengangguran-Indonesia-tertinggi-3-di-asean (23 November 2016), (Di akses 11 Maret 2019)

Pamungkas, D. (2019), Skripsi “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online (GOJEK) Studi kasus Pengguna Jasa Go-jek di Semarang”,.hal. Tinjauan Pustaka.

Rahayu, R. W. (2018), Skripsi “Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan,Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi Go Pay Dari PT. Gojek Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta)”, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Saat, S. & Sitti. M. (2019), Pengantar Metode Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula (Gowa : Pusaka Almaida, Agustus).

Sanjaya, W. (2013), Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur ( Jakarta: Prenadameda Group).

Saputri R.& Sugiarsih D. (2019), “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang”, Semarang : Program studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro.

Saragih, K. R. (2018), Skripsi Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-jek, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen.

Sarjani, L. & Saragih, M. (2018), “Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan GrabCar di Kota Medan”, Medan : Manajemen Bisnis STIE IBBI.

Siregar, S. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Cet. 4; Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Administrasi. Cet, XXIV; Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sunny T.H. G. & Khoo K. H. (2003), Marketing Wise ( Pendekatan inkonvensional terhadap strategi pemasaran di Asia), Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Supriyatna, I. (2016), “BPS sebut” ojek online” Mampu Tekan Angka Pengangguran”. (Diakses 11 Maret 2019).

Tjiptono(2001), Manajemen Pemasaran dan Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPF.

Unknown. (2015) Pengertian Kepuasaan Pelanggan dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Menurut Para Ahli, Disadur dari URL (adityolaksono26.blogspot.com/2015/03/Pengertian-Kepuasaan-Pelanggan-dan.html), (diakses 13 Maret 2019)

Yusuf, M. (2019), Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Cet. 5; Jakarta: Prenadamedia Group.

Diterbitkan

2021-02-24

Cara Mengutip

Yuliana Sapitri, & Hartas Hasbi. (2021). Pengaruh Layanan Sewa Jasa Online dan Tarif Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. Gojek Indonesia Branch Makassar. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 1–15. Diambil dari https://sys.parahikma.ac.id/journal/index.php/el-iqtishod/article/view/112

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.