Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus:Pengguna Aplikasi Shopee)
Kata Kunci:
Kepercayaan, Kualitas Informasi, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kontribusi kepercayaan terhadap keputusan pembelian (2) mengetahui kontribusi kualitas informasi terhadap keputusan pembelian (3) mengetahui kontribusi kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di Kota Makassar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah teknik Purposive Sampling dan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil langsung dari responden melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Adapun variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Kepercayaan dan Kualitas Informasi sedangkan variabel independen adalah Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukkan Kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Informasi secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Adanya pengaruh secara simultan variabel Kepercayaan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian.
Referensi
Armanti, R. (2016). Skripsi “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi resiko terhadap keputusan pembelian melaui situs jejaring sosial di semarang”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Asqalani, I. H. Al. (2010). Fathul Baari Sayarah: Shahih Bukhari. Jakarta: Pustaka Azam.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://library.fip.uny.ac.id
Dwi, M. N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Shopee di Kota Yogyakarta). 1–126.
Faudili Asnawi, H. (2004). Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam. Yogyakarta: Magistra Insania Press.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BPFE Universitas diponegoro.
Gilbert, J. . and T. (1998). An Examination of Organizational Trust Antecedents, Jurnal Public Personnel Mannagement. Jurnal Public Personnel Mannagement, 27(3).
Hidayani. (2019). Pengaruh Kemudahan Pengggunaan, Kesenangan, Berbelanja, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Disitus Jual Beli Online Shopee. Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.
Istiqamah, Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan , Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Progress Conference, 2(July), 558.
Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta).
Kahfi, A. S. (2006). Informasi dalam Perspektif Islam. Mediator, 7(2), 323–324. http://ejournal.unisba.ac.id
Khairandy, R. (2001). Pembaruan Hukum Kontrak sebagai Antisipasi Transaksi Electronic Commerce. Jurnal Hukum, 8(16), 44.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Mardani. (2015). Hukum Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyo, F. A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Nawatmi, S. (2010). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Iqtishodiyah?: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(1), 55.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta. www.academia.edu
Rohmah, H. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Produk Halal Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Agkatan 2016-2018 UIN Walisongo di Marketplace Shopee.
Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web. EKOBIS, 19(1), 63.
Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saat, S., & Mania, S. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pustaka Almaida.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakata: Graha Ilmu. www.academia.edu
Setiadi, J. N. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust dan Loyality Pelanggan. 8(2), 57. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61
Simamora, H. (2000). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Salemba Empat.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. https://zenodo.org
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://doku.pub
Sugiyono. (2014). Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. doku.pub
Syarifudin, F. (2019). Urgensi Tabayyun dan Kualitas Informasi dalam Membangun Komunikasi. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kerasipan, 1(2), 34. http://garuda.ristekbrin.go.id
Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh relationship marketing, keamanan, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop dan loyalitas konsumen sebagai variabel intervening. 2(2).
William, C. (2007). Research Methods. Journal of Business & Eonomic Research, 5(1), 66. https://clutejournals.com
Yustanto, M. I. (2002). Menggagas Bisnis Isalami. Jakarta: Gema Insani Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Riska Rabiana, Baso Akib
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.