Pengaruh E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Pedagang Online di Kota Makassar Dalam Perspektif Islam

Penulis

  • Emi Sri Rahayu Fatimah Institut Parahikma Indonesia
  • Niluh Anik Sapitri Institut Parahikma Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh signifikan e-commerce terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam (2) Mengetahui pengaruh signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam (3) Mengetahui pengaruh signifikan e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian berupa penelitian survey, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner secara online kepada 95 reponden dengan teknik non-probability sampling  berupa purposive sampling, pengolahan data dilakukan dengan SPSS 20 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 <0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak (2) pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak (3) e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H3 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitan di atas bahwa e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan memberikan pengaruh yang besar terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam.

Referensi

AL – Qur’an. Surah An- Nisa: 29.

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan teori, kasus dan solusi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2014). Structural equation modelling, metode alternative dengan partial least square (PLS). (Edisi 4). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. (Eds 1). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler et al (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N. (2014). Basic marketing research, person education. England.

Mustofa. (2014). Enterpreneurship syariah menggali nilai-nilai dasar manajemen bisnis. 9 (1), 201-203. Al-Mizan. http:// journal.iaingorontalo.ac.id

Pramiswari dan Dharmadiaksa (2017). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalm pengambilan keputusan untuk berwirausaha. 20 (1), 261-289. E-jurnal Akuntansi. https://ojs.unud.ac.id.

Purwaningsih, E. dkk. (2018). UMKM aspek hukum dan manajemen pemasaran produk. Malang: Empatdua.

Ranto, D. W. P. (2016). Membangun Peilaku Entrepreneur pada Mahasiswa melalui Entrepreneurship Education. JBMA, 3 (1), 79–86.

Saputri, (2019). Pengaruh lingkunagn keluarga, pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. (Skripsi). Google Schoolar. (STKIP PGRI 21314208).

Sihombing, A. & Buaton, R. (2018). Pengembangan kewiraushaan mahasiswa. Jurnal manajemen informatika dan komputerisasi akuntansi, 2, (2), 43: Methomika. Doi: http:// journal.iaingorontalo.ac.id 2620-4339.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana, & Bayu. (2010). Kewirausahaan pendekatan karakteristik wirausahawan sukses. Jakarta: Kencana.

Suryana. (2014). Kewirausahaan pendekatan, karakteristik wirausahawan sukses. Jakarta: Kencana.

Wiratna, S., V. (2014). Metode penelitian: lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yadewani, D. & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha. 1 (1). 64. Jurnal RESTI (Rekayasa sistem dan teknologi informasi). https://doi.org/10.29207./resti.vlil.6.

https://dateportal.com/reports/digital-2019-ecommerce-in-indonesia?format=amp.

https://id.m.wikipedia.org /wiki/Daftar_negara_menurut_jumlah_penduduk.

https://m.bisnis.com

https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlah-pengusahaindonesia-masih-tertinggal-dari-singapura.html

https:// www.wartaekonomi.co.id/ read216302/ pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia-.html.

Diterbitkan

2020-11-13

Cara Mengutip

Emi Sri Rahayu Fatimah, & Niluh Anik Sapitri. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Pedagang Online di Kota Makassar Dalam Perspektif Islam . El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 46–63. Diambil dari https://sys.parahikma.ac.id/journal/index.php/el-iqtishod/article/view/117

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.