Pengaruh Endorsement Terhadap Minat Membeli Produk Skin Care Halal Pada Mahasiswa Jabodetabek
DOI:
https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v5i2.181Kata Kunci:
endorsement, instagram, minat membeli, produk halalAbstrak
Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019-2020 sangat berkembang pesat akan ketertarikan masyarakat terhadap media sosial instagram, yang menjadikannya trend pemasaran bisnis modern yaitu endorsement. Dengan adanya pengaruh endorsement membuat keuntungan di berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha yang menjual produk mereka di media sosial instagram. minat membeli terhadap produk skin care halal menjadi perhatian yang sangat penting bagi para calon konsumen muslim dalam mengomsumsi produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh endorsement terhadap minat membeli skin care halal di kalangan mahasiswa jabodetabek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan pengambilan sampel melalui metode purposive sampling yang diujikan kepada 100 responden mahasiswa aktif yang telah melakukan pembelian produk skin care halal. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, dibantu dengan program SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara endorsement dan produk halal terhadap minat membeli.
Kata kunci : endorsement, instagram, minat membeli, produk halal.
Referensi
Anjani Sari & Irwansyah. (2019). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [The Role Of Social Media Influencer In Communicating Messages Using Instagram]. Jurnal Ilmiah, 16(29), 1–27.
Bayanuloh, I. (2020). Marketing Syariah.
Eliza, R., Sinaga, M., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 63(1), 187–196. www.pixability.com
Haekal, A. (2016). Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website. 1(1), 181–193.
Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). Seminar Nasional Sandykala, 29, 1–9.
Hardilawati, W. L. (2019). Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.920
Hesty, R., & Puspitasari, U. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Berlabel Halal. 2(1), 1–10.
Jubaidi, M. & N. F. (2020). Dampak Negatif Cyberbullying Sebagai C-Crime. 12(2), 1–18.
Kansha, D. R. (2017). Efektivitas Penggunaan Endorsement oleh Online Shop Giyomi di Media Sosial Instagram. 1–11.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11(2), 1–9. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533
Mansyuroh, F. A. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Pembelian Skin Care Tanpa Label Halal Pada Muslim Generasi Z Di Banjarmasin. 1–30.
Perwitasari, N. H. (2019). Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit. tirto.id. https://tirto.id/mengenal-arti-skincare-dan-tahapan-merawat-kulit-eimA
Rini, N. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Produk Halal Pada Kalangan Mahasiswa Muslim. 32, 247–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i2.3944
Riyanto & Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen.
Salim, Y. U., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center ( Nlec ) Bandung Analysis of Customer Buying Intention on English Course Program At Languange Course Northern Lights Education Ce. e-Proceeding of Management, 3(2), 521–527.
Sari, N. (2021). Perlindungan Konsumen Obat Tinjauan Umum dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia.
Sociabuzz. (2018). Kupas Tuntas Tren Pemasaran “Endorse.” The State Of Influencer Marketing 2018 In Indonesia, 1–38.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sutan, F. R. (2018). Kajian Hukum Bisnis Syariah. 1–9.
Tati Handayani & Pusporini. (2021). UMKM Syariah di Industri Halal.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 1–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo
Wahyuningsih, I. (2018). Intensi Konsumen Terhadap Kosmetik Dan Produk Skin Care Halal Di Indonesia: Pendekatan Theory Of Planned Behavior. 3(1), 1–19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 zalfa zahirah adhania, Tati Handayani, Muhammad Anwar Fathoni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.