Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Makanan Halal (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Pulau Bali)

Penulis

  • sulastri universitas islam indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i1.361

Kata Kunci:

Kesadaran Halal, , Kepercayaan Beragama, Pemasaran Halal, Sertifikasi Halal, minat membeli

Abstrak

Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak beragama Islam. Meskipun memiliki penduduk mayoritas yang beragama Islam namun tidak setiap daerah di Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Salah satu daerah yang memiliki agama mayoritas selain Islam adalah daerah Bali yang memiliki 86% masyarakat beragama Hindu dan 10% beragama Islam. Bagi umat Islam sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dan minuman halal karena memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan jiwa seseorang agar menjadi lebih tenang dan makbul doanya. Meski masyarakat beragama Islam di pulau Bali menjadi masyarakat minoritas, namun tetap saja terdapat kebutuhan akan makanan dan minuman halal. Dengan demikian dibuatlah penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal terhadap minat beli makanan dan minuman halal masyarakat muslim di Bali. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda terhadap 100 responden. Penelitian memberikan hasil bahwa kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal secara simultan. Secara parsial kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, kepercayaan beragama tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan dan minuman halal, pemasaran halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, sedangkan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal.

Kata kunci—kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal, sertifikasi halal, minat beli

Referensi

Kusnandar, V. B. (2021, 11 03). 10 Negara dengan Populasi Muslim

Terbesar Dunia Menurut RISSC. Retrieved from

databooks.katadata.co.id:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasimuslim-

indonesia-terbesar-di-dunia

Mulizar. (2014). Makanan Dalam Alquran (Studi Terhadap Tafsir Al-

Azhar). Sumetara Utara: Pascasarjana UIN Sumetara Utara.

Ambali, A., & Bakar, A. (2014). People's Awareness on Halal Foods and

Products: Potential Issues for Policy-Marker. Procedia-Sosial and

Behavior Sciences 121, 3-25.

Sihati, A., Rohmah, A. N., Masturoh, S., & Rauv, M. (2022).

Kebhinekaan dan Keberagaman (Integrasi Agama di Tengah

Pluralitas). Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 2 No. 9, 2945-2956.

Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap

Makanan Halal Studi Pada Konsumen Muslim di Indonesia. IRWNS.

Salehudin, I. (2012). Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di

Lapangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sulistiani, S. L. (2019). Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan

Hukum Industri Halal di Indonesia. Law and Justice Vol. 3 No. 2, 91-

Kasdi, A. (2016). Permintaan dan Penawaran Dalam Mempengaruhi Pasar

(Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). Bisnis Vol. 4 No. 2 , 18-34.

Yunus, Rashid, Arifin, & Rashid. (2014). Muslim's Purchase Intention

Towards Non-Muslim's Halal Packaged Food Manufacture.

Procedia-Social and Behavioral Science 130, 145-154.

Ancok, D., & Suroso, F. (2005). Psikologi Islami: Solusi Islam Atas

Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salehudin, I., & Luthfi, B. (2012). Marketing Impact of Halal Labeliling

Toward Indonesian Muslim Consumer's Behavioral Intention. ASEAN

Marketing Journal Vol.3 No.1 .

Ramlan. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami

Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. Ahkam Vol 15

No.1, 145-154.

Philip Kotler, & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12

Terjamahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Ferdinand. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Jilid I.

Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alphabet.

Permatasari, K., Anandya, D., & Indarini. (2021). Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Halal di Surabaya.

CALYPTRA Vol.9 No. 2.

Shafie, S., & Othman, M. (2006). Halal Certification: an International

Marketing Issues and Channanges IFSAM/VHB VIII th. Berlin: Track

Soesilowati, E., & Yuliana, C. I. (2013). Komparasi Perilaku Konsumen

Produk Halal di Area Mayoritas dan Minoritas Muslim. Jurnal

Ekonomi dan Pembangunan Vol.21 No. 2 , 167-178.

Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap

Makanan Halal Studi Pada Konsumen Muslim di Indonesia. IRWNS.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

sulastri. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Makanan Halal (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Pulau Bali). El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i1.361