Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Makanan Halal (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Pulau Bali)
DOI:
https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i1.361Kata Kunci:
Kesadaran Halal, , Kepercayaan Beragama, Pemasaran Halal, Sertifikasi Halal, minat membeliAbstrak
Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak beragama Islam. Meskipun memiliki penduduk mayoritas yang beragama Islam namun tidak setiap daerah di Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Salah satu daerah yang memiliki agama mayoritas selain Islam adalah daerah Bali yang memiliki 86% masyarakat beragama Hindu dan 10% beragama Islam. Bagi umat Islam sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dan minuman halal karena memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan jiwa seseorang agar menjadi lebih tenang dan makbul doanya. Meski masyarakat beragama Islam di pulau Bali menjadi masyarakat minoritas, namun tetap saja terdapat kebutuhan akan makanan dan minuman halal. Dengan demikian dibuatlah penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal terhadap minat beli makanan dan minuman halal masyarakat muslim di Bali. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda terhadap 100 responden. Penelitian memberikan hasil bahwa kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal secara simultan. Secara parsial kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, kepercayaan beragama tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan dan minuman halal, pemasaran halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, sedangkan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal.
Kata kunci—kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal, sertifikasi halal, minat beli
Referensi
Kusnandar, V. B. (2021, 11 03). 10 Negara dengan Populasi Muslim
Terbesar Dunia Menurut RISSC. Retrieved from
databooks.katadata.co.id:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasimuslim-
indonesia-terbesar-di-dunia
Mulizar. (2014). Makanan Dalam Alquran (Studi Terhadap Tafsir Al-
Azhar). Sumetara Utara: Pascasarjana UIN Sumetara Utara.
Ambali, A., & Bakar, A. (2014). People's Awareness on Halal Foods and
Products: Potential Issues for Policy-Marker. Procedia-Sosial and
Behavior Sciences 121, 3-25.
Sihati, A., Rohmah, A. N., Masturoh, S., & Rauv, M. (2022).
Kebhinekaan dan Keberagaman (Integrasi Agama di Tengah
Pluralitas). Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 2 No. 9, 2945-2956.
Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap
Makanan Halal Studi Pada Konsumen Muslim di Indonesia. IRWNS.
Salehudin, I. (2012). Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di
Lapangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Sulistiani, S. L. (2019). Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan
Hukum Industri Halal di Indonesia. Law and Justice Vol. 3 No. 2, 91-
Kasdi, A. (2016). Permintaan dan Penawaran Dalam Mempengaruhi Pasar
(Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). Bisnis Vol. 4 No. 2 , 18-34.
Yunus, Rashid, Arifin, & Rashid. (2014). Muslim's Purchase Intention
Towards Non-Muslim's Halal Packaged Food Manufacture.
Procedia-Social and Behavioral Science 130, 145-154.
Ancok, D., & Suroso, F. (2005). Psikologi Islami: Solusi Islam Atas
Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salehudin, I., & Luthfi, B. (2012). Marketing Impact of Halal Labeliling
Toward Indonesian Muslim Consumer's Behavioral Intention. ASEAN
Marketing Journal Vol.3 No.1 .
Ramlan. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami
Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. Ahkam Vol 15
No.1, 145-154.
Philip Kotler, & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12
Terjamahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Ferdinand. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Jilid I.
Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alphabet.
Permatasari, K., Anandya, D., & Indarini. (2021). Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Halal di Surabaya.
CALYPTRA Vol.9 No. 2.
Shafie, S., & Othman, M. (2006). Halal Certification: an International
Marketing Issues and Channanges IFSAM/VHB VIII th. Berlin: Track
Soesilowati, E., & Yuliana, C. I. (2013). Komparasi Perilaku Konsumen
Produk Halal di Area Mayoritas dan Minoritas Muslim. Jurnal
Ekonomi dan Pembangunan Vol.21 No. 2 , 167-178.
Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap
Makanan Halal Studi Pada Konsumen Muslim di Indonesia. IRWNS.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 sulastri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.