PENGARUH HALAL LIFESTYLE DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP COSTUMER VALUE SURVEY DI AL-BADAR HOTEL SYARIAH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i1.368Kata Kunci:
Halal Lifestyle, Daya Tarik Wisata, dan Costumer Value SurveyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal lifestyle dan daya tarik wisata terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung yang sedang atau pernah menginap di Al-Badar Hotel Syariah Makassar yaitu sebanyak 45 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesis dan asumsi klasik.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa halal lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan halal lifestyle dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar.
Implikasi dalam penelitian ini adalah pelayanan Al-Badar Hotel Syariah Makassar dengan menggunakan konsep halal lifestyle menjadi pengaruh yang kuat dalam meningkatkan customer value survey yang bersifat positif, begitupun daya tarik wisata yang berada disekitar hotel menjadi pertimbangan pengunjung untuk memutuskan menginap di Al-Badar Hotel Syariah Makassar.
Referensi
Adinugraha, H. H., Oktafiyani, M., & Mubtadi, N. A. (2021). Halal lifestyle: Theory and Practice in Indonesia. Zahir Publishing.
Chen, C. S., L, M. L., & P, C. L. (2013). Integrating technology readiness into the expectation-conformation model: an empirical study of mobile services, cyberpsychology, behavior and social networking. 16(8), 604-611.
Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan ekowisata: dari teori ke aplikasi.
Ismailia, Y. (2018). Pengaruh gaya hidup syariah dan harga terhadap keputusan pembelian di klinik aishaderm sidoarjo. Skripsi.
Kholipah, N. (2021). Analisis penerapan prinsip hotel syariah ditinjauh dari etika bisnis islam (studi kasus pada hotel khalifah Palembang). Doctoral Dissertation.
Kim, E., & Tang, L. R. (2020). The role of customer behavior in forming perceived value at restaurannts: a multidimensional approach. International journal of hospitality management. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0278431920300633
Lestari, F., & Sujana, D. (2019). Pengaruh halal lifestyle terhadap customer value survey pada hotel syariah di Bandung. Jurnal Indonesia membangun, 18(02), 72-81. https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/view/152
Mirnawati, M. (2020). Strategi pemasaran hotel Al-badar Syariah Makassar (analisis manajemen syariah). Doctoral dessertation.
Oliver , R. L. (1980). A cognitive model of the sntecedents and consequences of satisfaction decisions. journal of marketing, 17, 460-469.
Oliver, R. L. (1977). Effect of expectation and disconfirmation on postexposure product evaluations: am alternative interpetation. Jornal of applied psychology, 62(4). https://psycnet.apa.org/buy/1978-13415-001.
Pramesti, A. B., & Waloejo, H. D. (2019). Pengaruh brand image dan customer value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 8-13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/23643
Sammeng, A. M. (2001). Cakrawala pariwisata. Balai Pustaka.
Setyaningsih, A. A. (2018). pengaruh daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ulang wisatawan taman wisata pendidikan perbasari pencuran mas desa purbayasa kecamatan padamara. Doctoral dessertation. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8839
Sheth, J. N., Newman, B. I., & Gross, B. L. (1991). Why we buy what we buy: a theory of consumption value. Journal of Business Research, 22, 159-170.
Sofyan, R. (2017). Bisnis hotel syariah berkembang di Jakarta. Jurnal Stieaas. http://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/jei/article/view/3625
Undang-undang Republik Indonesia.,. (2014). Pasal 33 point (a) tentang jaminan produk halal. LN. 2014/No. 295, TLN No. 5604, LL Setneg-26 HLM.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Achmad Riady, Baso Akib, Hilya Fitriani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.