Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Generasi Milenial Di Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i2.414Kata Kunci:
Label Halal,, Harta , Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian,, Brand Image,Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh label halal, harga dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada konsumen kosmetik Wardah generasi milenial di Kabupaten Semarang dengan brand image sebagai variabel intervening. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kosmetik Wardah generasi milenial di Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik random purposive sampling. Metode dalam mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji path analysis dan uji sobel. Data diolah menggunakan SPSS versi 25. bedasarkan hasil penelitian menujukan bahwa label halal, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. label halal dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap brand image. brand image mampu memediasi label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. sedangkan brand image tidak bisa memediasi harga terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., Akmal, Y., & Iddris, J. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25 Edisi Pertama.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hasan, I. M. H. M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2008). Perilaku Konsumen. Widina Bhakti Persada Bandung.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2003). Manajemen Pemasaran (Edisi 9). PT. Indeks Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Maulida, L., Made, I., & Dirgantara, B. (2019). Pengaruh Label Halal, Dukungan Selebriti, Dan Ulasan Melalui Media Elektronik Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(2), 44–51. http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/djom
Merlianti, T., & Lelawati, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk,iklan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(4), 816–
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In P. C. Ambarwati (Ed.), Cv. Wade Group. CV. WADE GROUP.
Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sahir, S. H., Ramadhan, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis
Dan Manajemen, 2(031), 130.
Sakdiyah, L., Effendi, R., & Kustono, A. S. (2019). Analisis Penerimaan Penggunaan E-Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember. EJournal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 120. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11151
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi Ketu). Indeks.
Stafford, D. E., & Griffis, H. S. (2008). A Review of Millennial Generation Characteristics and Military Workforce Implications. CNA Corporation.
Sutriyanto, E. (n.d.). Saat Pandemi Covid-19 Jumlah Industri Kosmetik Tumbuh 20,6 Persen, Didominasi UMKM Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Saat Pandemi Covid-19 Jumlah Industri Kosmetik Tumbuh 20,6 Persen, Didominasi UMKM.
https://www.tribunnews.com/bisni. Tribun Bisnis. Retrieved March 21, 2023, from https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/11/05/saatpandemi-covid-19-jumlah-industri-kosmetik-tumbuh-206-persendidominasi- umkm
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaan (Kedua).
Andy Offset Valentin, I. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Beauty Vlogger Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Media Sosial (Instagram Dan Youtube). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2), 169–179.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maya Damayanti, Ari Setiawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.