Analisis Pelayanan Toko Sayuran Terhadap Konsumen Di Tintau Dari Etika Bisnis Islam
DOI:
https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i2.438Kata Kunci:
Islamic Business Ethics, Quality of Service, Purchase Interes, ReferralsAbstrak
Kualitas pelayanan merupakan strategi yang bisa di gunakan untuk bisa menarik konsumen agar dapat terwujudnya suatu keinginan dalam menciptakan kepuasan bagi konsumen. Jika kualitas pelayanan yang ada di setiap usaha di berikan dengan baik dan memuaskan, maka akan memberikan dampak positif dan bisa meningkatkan minat beli konsumen. Tidak hanya itu juga Namun perlu diingat manusia bahwa tidak semua sumber daya dapat dimanfaatkan karena manusia terikat pada etika. Islam mengajarkan manusia agar selalu berpedoman pada ajaran Islam atau etika bisnis Islam, termasuk dalam berbisnis.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Dimana untuk mengetahui toko mana yang mempunyai kualitas pelayanan terbaik dalam melayani konsumen nya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian telah didapatkan 2 toko yang masuk dalam kriteria yaitu Toko Dinda dan Toko Siti. Maka dapat disimpulkan bahwa Toko Dinda telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam dengan baik yaitu dengan menerapkan prinsip kehendak bebas, tanggung jawab, tauhid dan ihsan. Sedangkan Toko Siti belum dapat memenuhi prinsip etika bisnis Islam dengan baik karena toko hanya dapat memenuhi tiga prinsip yaitu kemauan bebas, tanggung jawab dan ihsan.
Referensi
Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. 2008. “Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.” 1(1): 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.
Faradannisa, Melina, and Agus Supriyanto. 2022. “Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Etika Bisnis Islam.” Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah 2(1): 76–94.
Haryanti, Nine, and Trisna Wijaya. 2019. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Pd Pasar Tradisional Pancasila Tasikmalaya.” Jurnal Ekonomi Syariah 4(2): 122–29.
Khakim, Lukman, Azis Fathoni, Maria M Minarsih. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima.” Journal of Management, Vol 1 No.
Marzuqi, Ahmad Yusuf, and Achmad Badarudin Latif. 2010. “Manajemen Laba Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 7(1): 1–22.
Nurhadi, Nurhadi. 2020. “Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah.” EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(2): 137.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.
Riyani, Dessy, Irena Larashat, and Dudung Juhana. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Majalah Bisnis & IPTEK 14(2): 94–101.
Sriutami, D, M Orinaldi, and ... 2023. “Pengaruh Kompetensi Karyawan, Etika Bisnis Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kecamatan Rimbo Bujang Kab. Tebo Provinsi ….” Journal of Student … 1(5): 500–521. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/1786%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/download/1786/1368.
Susanto, Dedi, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal QOSIM?: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1(1): 53–61.
Wati, Destiya, Suyudi Arif, and Abrista Devi. 2021. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3(1): 141–54.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 synthia puspitasari, Dofriyansyah Mentino, Lilis Renfiana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.