Nilai-Nilai Ekonomi Dan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam

Penulis

  • Lilies Handayani

DOI:

https://doi.org/10.1919/eliqtishod.v2i1.52

Kata Kunci:

Nilai Nilai Ekonomi, Etika Bisnis, Ekonomi Islam

Abstrak

Jurnal ini membahas mengenai nilai-nilai ekonomi dan etika bisnis dalam perspektif Islam.  Hal ini merupakan hal yang sangat urgent untuk dibahas mengingat era revolusi industri menantang manusia agar mampu berwira usaha agar tidak tersingkir oleh zaman. Olehnya itu, dalam jurnal ini, saya menulis nilai-nilai ekonomi dan etika bisnis islami yang harus diketahui dan diterapkan oleh muslim agar selamat dunia dan akhirat. Tulisan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada para pembaca khususnya pelaku usaha agar melalukan aktivitas usahanya berdasarkan tuntunan Nabi Muhammad SAW agar tetap berdagang dengan halal dan adil sesuai dengan perintah Allah agar apa yang dilakukan senantiasa bernilai ibadah di sisi-Nya. Adapun nilai-nilai ekonomi berdasarkan perspektif Islam yaitu, Tauhid (Keesaan Tuhan), ‘Adl, (Keadilan), Nubuwwah (Kenabian), Khilafah (Pemerintah), dan Ma’ad (Hasil). Sedangkan  etika bisnis menurut pandangan Islam yaitu: Bersifat jujur, Senantiasa menolong atau memberi manfaat kepada orang lain, Dilarang menipu, Dilarang berbohong, Jangan menjelek-jelekkan bisnis orang lain, Jangan menimbun harta, Tidak memonopoli perdagangan, Hanya menjual barang yang halal, Bisnis harus bersih dari unsur riba, Berbisnis dengan suka rela tanpa paksaan, Membayar upah karyawan secepat mungkin.

Referensi

A.Karim, Adiwarman, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer, Jakarta: Gema Insani Pres, 2003.

Aziz, Abdul, Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: Alfabeta, 2013.

Baidowi, Aris, et.al, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana, 2006.

Beekum, Rafik Issak, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Bernets, K, Pengantar Etika Bisnis, Jakarta: Kanisius, 2000.

Dinar, Muhammad, dan Hasan, Muhammad, Pengantar Ekonomi: Teori dan Aplikasi, Makassar: CV. Nur Lina dan Pustaka Taman Ilmu, 2018.

Ghazali, Syeikh, dll, an Introduction to “Islamic Finance”, 1992.

Hadiyati, Ernani, Pengaruh Etika Bisnis terhadap Kewirausahaan pada Usaha Kecil Bengkel Las di Pujon, Jurnal Manajemen Gajayana, Vol. 6, No. 1, Juni 2009.

Jalil, Abdul, Implementation Mechanism of Ethnics in Business Organizations, International Business Research, Vol. 3, No. 4, October 2010.

M. Shiddiq al-Jawi, Paradigma Ekonomi Islam, paper Jum’at, 09 September 2005.

Mahyudin, Kuliah Akhlak Tasawuf, Jakarta: Kalam Mulia, 2003.

Nuruddin, Amir, Konsep Keadilan dalam Al-Qur’an dan Implikasinya pada Tanggung Jawab Moral”, Disertasi pada Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga, Sunankalijaga, 1994.

Raharjo, Dawam M, Ekonomi Islam: Apakah itu? Makalah, Jakarta, 21 Maret, 2001.

Diterbitkan

2021-01-06 — Diperbaharui pada 2018-12-20

Versi

Cara Mengutip

Lilies Handayani. (2018). Nilai-Nilai Ekonomi Dan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.1919/eliqtishod.v2i1.52 (Original work published 6 Januari 2021)

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.