Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan

Penulis

  • Niluh Anik Sapitri

DOI:

https://doi.org/10.1919/eliqtishod.v2i1.53

Kata Kunci:

E-commerce, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Minat Berwirausaha Online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh signifikan e-commerce terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar (2) pengaruh signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar (3) pengaruh signifikan e-commerce dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif metode penelitian berupa penelitian survey, dan istrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan cara menyebar kuesioner kepada 30 responden dengan teknik non-probability sampling  berupa purposive sampling, pengolahan data dilakukan dengan SPSS 21 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce secara parsial  berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online dan pemanfaatan teknologi informasi secara parsial  berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online serta secara simultan e-commerce dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar

Referensi

AL – Qur’an. Surah Al- Qashash: 77.

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan teori, kasus dan solusi. Bandung: Alfabeta.

Kotler et al (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pramiswari dan Dharmadiaksa (2017). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalm pengambilan keputusan untuk berwirausaha. 20 (1), 261-289. E-jurnal Akuntansi. https://ojs.unud.ac.id.

Purwaningsih, E. dkk. (2018). UMKM aspek hukum dan manajemen pemasaran produk. Malang: Empatdua.

Ranto, D. W. P. (2016). Membangun Peilaku Entrepreneur pada Mahasiswa melalui Entrepreneurship Education. JBMA, 3 (1), 79–86.

Saputri, (2019). Pengaruh lingkunagn keluarga, pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. (Skripsi). Google Schoolar. (STKIP PGRI 21314208).

Sihombing, A. & Buaton, R. (2018). Pengembangan kewiraushaan mahasiswa. Jurnal manajemen informatika dan komputerisasi akuntansi, 2, (2), 43: Methomika. Doi: http:// journal.iaingorontalo.ac.id 2620-4339.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, T. (2018). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kemampuan Pengguna Sebagai Variabel Moderasi Pada Pd. Bpr Bank Jombang Kantor Pusat.

https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlahpengusahaindonesia-masih-tertinggal-dari-singapura.html

https://www.wartaekonomi.co.id/ read216302/ pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia-.html.

Diterbitkan

2018-12-20

Cara Mengutip

Niluh Anik Sapitri. (2018). Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.1919/eliqtishod.v2i1.53

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.